Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual
Vol 1 No 1 (2019): Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual

ANALISA UNSUR ESTETIKA DESAIN IDENTITAS VISUAL KARYA STUDIO DESAIN PENTAGRAM BERDASARKAN KACAMATA TEORI EKSPRESI DAN FORMALISME

Alfiansyah Zulkarnain (Unknown)
Febrianti Setiana (Unknown)
Felicia Kristella (Unknown)
Felicia Violetta (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Kajian estetika atas karya desain komunikasi visual dilakukan atas hasil proyek-proyek desain identitas visual dari studio desain Pentagram, salah satu studio desain grafis berorientasi branding yang paling sukses dan ternama di dunia. Tiga studi kasus identitas visual yang dikaji yaitu identitas visual MTV World Creative Studio (perusahaan media), MIT Media Lab (laboratorium penelitian universitas), dan Saks Fifth Avenue (toko retail fashion). Kajian estetika akan dilakukan berdasarkan dua sudut pandang kacamata teoritis klasik, yaitu teori ekspresi dan formalisme. Dapat disimpulkan bahwa pada umumnya logo-logo atau identitas visual Pentagram yang sudah dikaji memiliki kualitas estetis yang variatif, tergantung dari sudut pandang kacamata teoritis yang diambil.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

gestalt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal GESTALT merupakan terbitan berkala ilmiah Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Arsitektur dan Desain, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur. Jurnal Gestalt Terbit dua kali setahun pada bulan juni dan ...