Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis strategi persaingan yang dilakukan oleh rumah makan Ayam Penyet Pak Ulis Langsa dengan metode SWOT. Hasil penelitian menjelaskan bahwa analisis strategi pemasaran rumah makan Ayam Penyet Pak Ulis tidak hanya menggunakan strategi kualitas produk saja, tetapi juga mempertimbangkan strategi lain seperti memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan. Peluang-peluang yang dimiliki seperti peningkatan jumlah penduduk Kota Langsa dan gaya hidup yang terus berkembang belum dimanfaatkan secara maksimal oleh rumah makan Ayam Penyet Pak Ulis Langsa. Kelemahan paling tinggi yaitu promosi yang belum maksimal. Rumah makan Ayam Penyet Pak Ulis merespon dengan baik peluang dan ancaman yang ada. Dari analisis matriks SWOT diperoleh nilai bobot faktor internal sebesar 2,70 sedangkan nilai bobot faktor eksternal sebesar 2,88. Hal ini menunjukkan bahwa faktor eksternal lebih dominan sebagai faktor penentu pemasaran pada Ayam Penyet Pak Ulis Langsa.
Copyrights © 2019