Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen
Vol. 3 No. 2 (2014): Nominal September 2014

DAY OF THE WEEK EFFECT DAN MONTH OF THE YEAR EFFECT TERHADAP RETURN INDEKS PASAR

Saputro, Aditya Probo (Unknown)
Sukirno, Sukirno (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2014

Abstract

Tujuan penelitian (1) mengetahui pengaruh day of the week effect terhadap return indeks pasar (2) mengetahui pengaruh return hari Senin sesi trading dengan return hari Jumat minggu sebelumnya sesi non trading, (3) mengetahui pengaruh month of the year effect terhadap return indeks pasar. Sampel penelitian adalah data harian IHSG periode tahun 2010-2012 berupa harga pembukaan dan penutupan. Pengujian asumsi klasik : uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, uji heterokedastisitas dan uji linearitas. Teknik analisis menggunakan analisis regresi variabel dummy, ANOVA dan uji beda rata-rata (t test). Hasil penelitian : (1) fenomena day of the week effect terjadi pada BEI periode 2010-2012 dimana hari Kamis berpengaruh terhadap return indeks pasar secara parsial (2) trading return pada hari Senin dipengaruhi oleh nontrading return pada hari Jumat minggu sebelumnya dan return yang negatif terjadi pada saat trading yaitu pembukaan sampai dengan penutupan hari Senin. (3) fenomena month of the year effect terjadi pada BEI periode 2010-2012 dimana bulan Januari, Maret, Mei dan Agustus berpengaruh terhadap return indeks pasar.   Kata kunci: Day of the Week Effect, Month of the Year Effect, Regresi Variabel Dummy

Copyrights © 2014