Abstrak: Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) Sebagai Sarana Legitimasi: Dampaknya Terhadap Tingkat Agresivitas Pajak. Berdasar teori legitimasi, terdapat dugaan bahwa perusahaan menggunakan pengungkapan corporate social responsibility (CSR) dalam rangka menjaga citra (image) di mata masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan CSR terhadap  agresivitas pajak. Hipotesis yang diajukan adalah pengungkapan CSR berpengaruh negatif terhadap agresivitas pajak dalam rangka menjaga citranya.  Penelitian ini bertujuan menguji generalisasi temuan  Lanis dan  Richardson (2012) dalam konteks Indonesia. Sampel terdiri atas  perusahaan non-keuangan yang terdaftar di BEI pada tahun 2011-2013 Hasil  penelitian menunjukkan  bahwa semakin  rendah  tingkat pengungkapan  CSR suatu  perusahaan,  semakin  tinggi  tingkat  agresivitas pajaknya. Hasil ini memberikan dukungan empiris untuk teori legitimasi bahwa perusahaan selalu berusaha mendapat dukungan dari lingkungan institusionalnya. Kata kunci: pengungkapan CSR, agresivitas pajak, effective tax rates, legitimasi
Copyrights © 2015