Socia : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Vol 13, No 2 (2016): SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial

PENGARUH PENGGUNAAN WAKTU MENONTON TELEVISI, INTERNET, DAN HANDPHONE TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA DI LOMBOK

Aliahardi, Tri Hartiti (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan pengaruh penggunaan waktu menonton televisi, Internet, dan handphone terhadap disiplin belajar siswa di Desa Kopang, Lombok Tengah. Sumbangan efektif (SE) penggunaan waktu menonton televisi sebesar 43,1%, mengakses Internet sebesar 13,8%,dan mengakses handphone sebesar 0,1% terhadap disiplin belajar siswa. Besarnya sumbangan efektif penggunaan waktu menonton televisi, mengakses Internet, mengakses handphone  terhadap disiplin belajar siswa adalah 57%%, sedangkan sisanya 43% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dengan demikian pengaruh penggunaan waktu menonton televisi memberikan sumbangan positif paling besar terhadap disiplin belajar siswa. Kata kunci: menonton televisi, mengakses internet, mengakses   handphone dan disiplin belajar

Copyrights © 2016