Pendidikan tinggi memiliki peran yang besar dalam menyiapkan sumber daya yang berkualitas sehingga diharapkan mampu mengatasi masalah pengangguran, namun jumlah penganggur di kalangan terdidik justru terus mengalami peningkatan. Tracer studi ini bertujuan untuk mengetahui masa tunggu, persebaran, dan tingkat relevansi pekerjaan Jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNY. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah alumni Prodi Pendidikan Ekonomi FE UNY lulusan tahun 2007 s.d. 2016. Sampel diambil secara convenience sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini menemukan bahwa masa tunggu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan pertama termasuk dalam kategori cepat; peluang kerja lulusan terbesar untuk pekerjaan pertama masih didominasi oleh pegawai swasta, tenaga pengajar/tentor, dan guru swasta; relevansi lulusan dengan pekerjaan yang ditekuni saat ini tergolong cukup baik; dan kinerja lulusan termasuk dalam kategori baik.
Copyrights © 2017