INFORMASI
Vol 37, No 1 (2011): INFORMASI

DI SEPUTAR SEJARAH DAN PENDIDIKAN SEJARAH

Aman aman (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2011

Abstract

Sejarah adalah sebuah proses interaksi tanpa henti antara sejarawan dan fakta-faktanya, dan dialog yang tak berujung antara masa lampau, masa sekarang, dan masa yang akan dating. Sejarah merupakan suatu diakronisme yang tidak pernah selesai selama manusia masih menyejarah. Sejarah tidak pernah final, mati, dan tertutup, melainkan berkesinambungan. Oleh karena itu, sejarawan dan sejarah merupakan kesatuan yang utuh untuk menjadikan sejarah bernuansa. Sejarawan tanpa fakta tidak dapat berbuat apa-apa, dan fakta tanpa sejarawan juga tidak akan pernah hidup. Kaitannya dengan pendidikan, sejarah tidak akan berguna tanpa dijadikan pendidikan. Karena sejarah merekam kesadaran dari masa silam, merangsang perbuatan nyata pada masa kini, dan membangkitkan apresiasi untuk masa depan. Hanya melalui upaya memproyeksikan peristiwa masa lampau ke masa kini baru akan dapat berbicara tentang makna edukatif  sejarah yang sesungguhnya. Dalam kemasakinianlah masa lampau itu benar-benar masa lampau yang penuh makna, the meaningful of past,  dan bukan masa lampau yang mati dan final,  the final and dead of past. Oleh karena itu, urgensi dari pendidikan sejarah tidak diragukan lagi. Karena Collingwood pun mengatakan “...knowing your self means knowing that you can do; and since nobody knows what he can do until he tries, the only clue to what man can do is what man has done. The value of history then, is that it teachs us what man has done and then what man”. Kata kunci: sejarah, pembelajaran sejarah, dan pendidikan.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

informasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

INFORMASI is an academic journal that centered in communication, is open and welcoming to contributions from the many disciplines and approaches that meet at the crossroads that is communication study. We are interested in scholarship that crosses disciplinary lines and speaks to readers from a ...