Jurnal Peluang
Vol 3, No 2 (2015): Volume 3 No. 2 April 2015

PENGALOKASIAN BBM DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS DISKRIMINAN METODE FISHER

Khairul Umam (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat fungsi diskriminan dalam pengalokasian distribusi BBM sesuai kebutuhan wilayah di Indonesia. Penelitian ini menguji dan menganalisis  pengaruh rata-rata nilai pemakaian BBM dari tiap wilayah berdasarkan jumlah penduduk. Pengujian ini dilakukan melalui metode analisis diskriminan yang menghasilkan suatu fungsi, yaitu fungsi diskriminan yang bisa dijadikan indikator untuk menentukan penempatan atau pengalokasian BBM sesuai jumlah pemakaian maksimun pendudukan wilayah tersebut. Data diperoleh dari kantor Badan Pusat Statistik dan BPH Migas di Banda Aceh, yang terdiri nilai rata-rata (jumlah)  pemakaian Gas, Premium, Solar, Minyak Tanah, Kapasitas tangki, kenderaan roda 2 dan 4-6, jumlah penduduk dari tiap-tiap wilayah di Indonesia. Hasil dari pengolahan data siswa yang diproses dengan menggunakan software SPSS (V.11.5) diperoleh fungsi diskriminan Y (f(X)), iaitu Y1  (Sumatera), Y2  (Jawa), Y3  (Kalimantan), Y4  (Sulawesi) dan Y5  (Papua). Dalam hasil SPSS (V.11.5) setiap wilayah pada tabel terdiri dari nilai (estimasi) koefesien untuk satu fungsi klasifikasi dari satu kelompok (wilayah). Koefesien ini juga dikenal sebagai koefesien fungsi diskriminan linear Fisher dan bisa digunakan secara langsung untuk pengklasifikasian. Koefesien-koefesien tersebut diperoleh dari setiap kelompok (wilayah), dan dari setiap wilayah dikelompokan ke dalam kelompok (wilayah) yang nilai diskriminannya lebih besar. Dari proses pengklasifikasian data baru terhadap fungsi diskriminan diperoleh nilai Y1 , Y2 , Y3 , Y4 dan Y5 yang berbeda. Jika nilai dari salah satu fungsi tersebut lebih tinggi, maka jumlah pengalokasian BBM  dapat ditempatkan ke wilayah tersebut .

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

peluang

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Peluang is a scientific journal in mathematics education including the advances of methods, approaches, and theories related to the mathematics teaching and learning. The scope of the journal includes: 1. The advances in mathematics teaching and learning 2. Theories, methods and approaches ...