Jurnal Peluang
Vol 4, No 1 (2015): Volume 4, Nomor 1, Oktober 2015

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMA KOTA BANDA ACEH MELALUI PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN AUTENTIK PADA MATERI TURUNAN

M Isa (Unknown)
Burhanuddin AG (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2017

Abstract

Penilaian autentik (Performance Assessment) meliputi presentasi, proyek atau investigasi, observasi, wawancara dan melihat hasil (product), yang tujuannya adalah untuk menilai kemampuan unjuk kerja siswa dalam pembelajaran materi turunan di SMA. Kinerja dalam matematika di antaranya: menjawab soal essay, mengurutkan bilangan desimal, peta konsep, membuat prediksi, membuat kesimpulan, journal response, homework reflection, self assessment, self and other evaluation, evaluating work of others, figural representation, menjelaskan solusi permasalahan, mengukur objek, dan konferensi. Penilaian kinerja melalui pemberian tugas yang dapat berupa membuat essay, cerita, puisi, laporan penelitian, projek, analisis geometri, studi kasus, book review, article review, pemodelan, mengkonstruksi objek, design, membuat perencanaan, eksperimen, survei, data recording, graphing of data, analisis data, analisis penggunaan statistik pada media, menyelesaikan real world problem, logical sequences, proposal, pembuatan peta, menentukan budget, membuat paper, poster, video, game, komik, buku dan sebagainya. Jadi, performance assessment dengan tugas yang berkaitan dengan kehidupan nyata cocok diterapkan untuk menilai dan mengembangkan komunikasi matematika siswa. Penilaian kinerja (performance assessment) merupakan solusi yang dapat ditempuh dalam meningkatkan hasil belajar matematika dan membentuk karakter siswa. Penilaian kinerja dalam penelitian ini yaitu menilai kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi turunan di SMA Negeri Kota Banda Aceh. Penerapan performance assessment ini, ada tiga tugas yang digunakan untuk menilai kemampuan komunikasi matematika siswa, di antaranya paper, presentasi dan tes tertulis. Tugas paper dan tes tertulis digunakan untuk menilai kemampuan komunikasi tertulis dan presentasi digunakan untuk menilai kemampuan komunikasi lisan dimana setiap tugas memiliki kriteria penilaian kemampuan komunikasi matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa melalui ketiga tugas tersebut umumnya baik.Kata kunci: Performance assessment dan Komunikasi Matematika

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

peluang

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Peluang is a scientific journal in mathematics education including the advances of methods, approaches, and theories related to the mathematics teaching and learning. The scope of the journal includes: 1. The advances in mathematics teaching and learning 2. Theories, methods and approaches ...