Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 5, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG

PENGEMBANGAN MODEL NHT MELALUI TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Nur Indah Rahmawati (Unknown)
Sugeng Sutiarso (Unknown)
Undang Rosidin (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2017

Abstract

This development research aimed to find out the effectiveness of cooperative learning model of Numbered Heads Together with peer tutoring in terms of students' mathematical communication skills. The cooperative learning model of Numbered Heads Together is a learning model through a small group of 4-6 students who learn together to share ideas in resolving the problems. The peer tutors are students who are chosen from a group that hold duties as a mentor and tutor among them. The research data obtained through posttest. The subjects of this research were students of grade VIII of SMP Negeri 8 Bandar Lampung in second semester of academic year of 2015/2016. The research method of follow the steps Bord and Gall. The data analysis in this research is quantitative. The results of the data proved floating on cooperative learning NHT with peer tutors more than 92% of students compared to the NHT class 32% of students reached the KKM. The results of research concluded cooperative learning model of Numbered Heads Together with peer tutoring effective to improve students mathematical communication skills. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan tutor sebaya ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Pengembangan Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together merupakan model pembelajaran melalui kelompok kecil terdiri dari 4-6 siswa yang saling bekerja sama untuk saling berbagi ide dalam menyelesaikan persoalan. Tutor sebaya dipilih dari seorang siswa yang berasal dari teman-teman kelompoknya yang memegang tugas sebagai mentor dan tutor dikalangannya sendiri. Data penelitian diperoleh melalui posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung semester genap tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian ini mengikuti langkah-langkah Bord dan Gall. Analisis data pada penelitian ini adalah kuantitatif. Hasil data membuktikan pengambangan pada pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan tutor sebaya lebih dari 92% siswa dibandingkan pada kelas NHT 32% siswa mencapai KKM. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan tutor sebaya efektif meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.Kata kunci: komunikasi matematis, Numbered Heads Together, tutor sebaya

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...