Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 5, No 11 (2017): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG

Desain Didaktis Aritmetika Sosial melalui Model Pembelajaran Generatif untuk Mengembangkan Kemampuan Representasi Matematis

Nurwinda Apriyani (Unknown)
Tina Yunarti (Unknown)
Asmiati Asmiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2017

Abstract

This research was aimed to obtain the didactic design of social arithmetic developed by the generative learning and developed the ability of mathematical representation. This research refered to Borg and Gall's research and development procedure. They were preface research, planning and developing of product, validation, revisions and field tests. Expert validation resulted suggest that didactic design was feasible for further investigation. Field test result showed that the indicator of the highest mathematical representation ability was the verbal ability while the indicator of the lowest mathematical representation ability was the symbolic ability.Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan desain didaktis aritmetika sosial yang dikembangkan melalui model pembelajaran generatif serta mengembangkan kemampuan representasi matematis peserta didik. Penelitian ini mengacu pada prosedur penelitian dan pengembangan oleh Borg Gall yaitu penelitian pendahuluan, perencanaan dan pengembangan produk, validasi, revisi-revisi dan uji lapangan. Hasil validasi ahli menyatakan desain didaktis layak untuk diteliti lebih lanjut. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa indikator kemampuan representasi tertinggi adalah kemampuan verbal sedangkan terendah pada kemampuan simbolik.Kata kunci: desain didaktis, kemampuan representasi matematis.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...