Tanaman obat herbal yang ada di Indonesia sangat beragam jenisnya. Sebagian besartanaman obat herbal dikembangkan sebagai bahan dalam pengobatan alternatif atau tradisional.Bahkan WHO (World Health Organization) merekomendasikan penggunaan obat tradisional untukpemeliharaan kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengobatan penyakit. Untuk meningkatkannilai pemanfaatan obat herbal, perlu adanya suatu media sistem informasi yang dapatmengembangkan wawasan serta pengalaman seseorang terkait obat herbal dan pengobatan tradisional,seperti sistem informasi berbasis ponsel pintar dengan konsep pembelajaran berbentukpermainan atau biasa disebut Game-Based Learning agar dapat meningkatkan ketertarikanterhadap pembelajaran yang telah dimodelkan. Dari kesimpulan tersebut, pada penelitian inipenulis mengembangkan suatu konsep Digital Game-Based Learning berbasis Android yangdigunakan sebagai media pengenalan obat yang bernama Hallo Herbal. Dalam permainan HalloHerbal, pengguna akan diberikan pilihan tanaman obat yang akan diberikan pada Kibo untukmenyembuhkan keluhannya. Untuk mengetahui tanaman obat yang benar, pemain dapatmembaca Ensiklopedia yang disediakan dalam Hallo Herbal.Keywords: Tanaman obat, herbal, tradisional, android, game-
Copyrights © 2015