Meningkatnya kompetisi dalam perdagangan dunia mengakibatkan perusahaan selalu di bawah tekanan besaruntuk menentukan cara mengoptimalkan penjualan produk. Promosi produk yang sesuai dengan lokasi berperanpenting dalam upaya ini. Aplikasi yang dibangun bertujuan untuk menentukan lokasi promosi yang terbaik daribeberapa alternatif posisi lokasi promosi, dengan memberikan posisi peringkat alternatif di beberapa lokasiberdasarkan kriteria seleksi promosi yang telah ditetapkan. Untuk menentukan posisi lokasi terbaik berdasarkanpertimbangan banyak kriteria, dimana kriteria tersebut dapat diukur secara kuantitatif dengan metode FuzzyMulti Criteria Decission Making (FMCDM) yang digunakan untuk menilai secara numerik dan bahasa,sedangkan untuk pemilihan metode penentuan posisi lokasi digunakan nilai total integral, karena metode inimampu memprioritaskan alternatif yang optimal. Dengan menggunakan aplikasi FMCDM, maka dapatmemudahkan pihak produsen untuk menentukan lokasi promosi terbaik terhadap berbagai jenis produk yangakan dipasarkan, sehingga dapat meningkatkan keuntungan bagi perusahaan.
Copyrights © 2011