Management by Objectives (MBO) adalah metode penilaian kinerja karyawan yang berorientasi padapencapaian target kerja. Pada metode MBO, setiap individu karyawan diberikan target kerjanya masingmasing,yang bersesuaian dengan sasaran kerja unit dalam satu periode kerja. Penilaian kinerja dalam metodeMBO dilakukan di akhir periode mengacu pada realisasi target. Adapun Rank Inclusion in Criteria Hierarchies(RICH), metode yang dipergunakan pada proses pembobotan Key Performance Indicator (KPI) untukmemperoleh bobot prioritas atas sasaran kerja yang diberikan kepada karyawan. Dengan mengacu pada bobotsasaran kerja, maka sistem dapat melakukan komputasi atas performansi kerja pegawai.Penilaian performansi kerja karyawan ini mengambil lokasi pengamatan di PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk.(Telkom). Posisi/jabatan karyawan yang dijadikan objek penilaian adalah Account Manager (AM). Yang manaAM merupakan ujung tombak Telkom dalam menjual produknya kepada Corporate Customer (CC).Dalam jurnal ini, aspek penilaian performansi kerja AM dikhususkan pada pencapaian revenue. Adapun prosesdalam menilai kinerja AM diperoleh yaitu; (i) penjabaran sasaran kerja unit, (ii) perumusan program kerja dansubprogram kerja, (iii) pemberian target pencapaian AM, (iv) penilaian SKI AM. Nilai akhir diperoleh daritotal nilai seluruh program kerja.Kata kunci : Penilaian Performansi Kerja Account Manager, Management By Objective, Rank InclusionCriteria Hierarchies
Copyrights © 2009