Teknologi informasi telah menjadi komponen penting dalam berbagai bidang, termasuk industri pariwisatayang meliputi promosi, pemasaran, dan penjualan produk pariwisata (e-commerce dalam industri pariwisata).Pariwisata berbasis teknologi informasi dikenal sebagai e-tourism (IT-enabled tourism). Permasalahan etourismdi Indonesia adalah belum optimalnya pemasaran paket wisata karena informasi yang diberikan padawebsite pariwisata tidak bersifat interaktif dengan wisatawan yang membutuhkan informasi lengkap, juga belumterintegrasinya website-website pariwisata dengan sistem informasi komponen lain dalam industri pariwisata,seperti perusahaan penerbangan, pelayaran, asuransi, agen travel, hotel, dan pengelola obyek wisata sendiri.Tulisan ini mengkaji permasalahan promosi dan pemasaran pariwisata berbasis teknologi informasi diIndonesia dan bagaimana pemanfaatan semantic web untuk membantu memecahkan permasalahan yang ada.Dari penerapan teknologi semantic web dalam e-tourism di Eropa, disimpulkan bahwa teknologi ini dapatmenjadi solusi masalah e-tourism di Indonesia, yaitu dengan membuat suatu tourism ontologi untuk melakukananotasi semantic pada informasi pariwisata, sehingga informasi terintegraskan. Selain itu dibuat suatu aplikasiportal pariwisata sehingga calon wisatawan dapat mencari informasi paket wisata secara lengkap. Pencarianinformasi menggunakan hubungan semantic antar informasi pariwisata dari berbagai sumber yang telahdianotasi menggunakan tourism ontologi. Hal ini menguntungkan calon wisatawan, juga perusahaan yangbergerak dalam bidang pariwisata, karena informasi pada web miliknya berguna lebih optimal sehingga dapatmeningkatkan promosi dan pemasaran produknya.Kata Kunci: Pariwisata, E-Tourism, Semantic Web
Copyrights © 2009