Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI)
2019: Peran Sains Data Dari Perspektif Akademisi dan Praktisi

Jendela Jogja: Portal Promosi dan Pemasaran Pariwisata Yogyakarta

Muhammad Rizhan Ridha (Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta)
Dimas Danu Budi Pratikto (Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta)
Ari Farhan Nurihsan (Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta)
Salma Aufa Azaliarahma (Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta)
Salsabila Zahirah Pranida (Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta)
Dhomas Hatta Fudholi (Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta)
Ari Sujarwo (Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2019

Abstract

Pariwisata memiliki peranan yang penting dalam mendukung pembangunan ekonomi Indonesia. Sebagai salah satu pemasok sumber devisa negara terbesar, sektor pariwisata memiliki peranan yang sangat vital bagi ekonomi Indonesia. Namun, promosi dan pemasaran pariwisata khususnya untuk pariwisata Provinsi Yogyakarta belum dapat dioptimalkan. Agar minat wisatawan untuk berkunjung semakin meningkat, dengan memanfaatkan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, maka dirancang sebuah portal berbasis web yang bertujuan untuk mempromosikan sektor pariwisata Provinsi Yogyakarta. Jendela Jogja merupakan sebuah portal berbasis web yang difungsikan sebagai portal untuk mempromosikan pariwisata yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penerapan teknologi berupa portal Jendela Jogja dengan metode waterfall yang dikombinasikan dengan layanan lokasi dan popularitas untuk pemetaan lokasi serta kepopuleran yang berpotensi menghasilkan suatu media promosi dan pemasaran Pariwisata Yogyakarta yang dapat dijangkau di mana pun tanpa terhalang oleh jarak dan waktu sehingga pemasaran sektor pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta dapat dijangkau secara global dengan biaya yang relatif terjangkau.

Copyrights © 2019