Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI)
2009

Interaktivitas Isu CSR pada Laman Resmi Perusahaan Studi pada PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk

Ati Harmoni (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2009

Abstract

Saat ini CSR telah menjadi isu yang sangat penting bagi banyak perusahaan, baik yang beroperasi secaranasional maupun internasional. CSR juga banyak dikaitkan dengan soal hubungan masyarakat dariperusahaan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa internet dan laman resmi perusahaan adalah alathubungan masyarakat yang penting, termasuk dalam mengomunikasikan CSR. Tujuan penelitian ini adalahuntuk menganalisa seberapa penting perusahaan menempatkan informasi terntang CSR dalam laman resminyadan tingkat interaktivitas informasi tersebut. Penelitian ini dilakukan terhadap laman resmi perusahaan yangberoperasi di Indonesia, yaitu PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Hasil penelitian menunjukkan bahwalaman resmi Indocement telah mengungkapkan isu terkait CSR kecuali tentang etika perusahaan. Laman resmiIndocement ini menempatkan isu CSR pada hirarki yang tinggi tetapi mempunyai tingkat interaktivitas yangrendah, karena hanya menggunakan sumber ekspositif yang satu arah dan tidak menyediakan sarana umpanbalik yang memadai.Kata Kunci: interaktivitas, CSR, internet, laman resmi

Copyrights © 2009