Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI)
2004

Model Sistem Pendukung Keputusan Orientasi Pasar: Studi Kasus Factory Outlet

Agus Nursikuwagus (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2009

Abstract

Dalam suatu perkembangan pemasaran pada factory outlet dibutuhkan suatualternatif keputusan yang cepat serta diikuti oleh perubahan manajemen yang ada. Walaupunkenyataan di lapangan yang terjadi adalah hanya perubahan pada pemasaran factory outlettetapi tidak pada manajemen.Model sistem pendukung keputusan ini membantu memodelkan perubahan pemasarandan fungsi bisnis lainnya dengan teknologi informasi dalam menanggapi perubahankebutuhan pelanggan terhadap factory outlet. Untuk membantu pemodelan ini dibutuhkandata dari perusahaan sebagai data internal, dan data pelanggan sebagai data eksternal. Dataini bersifat data kuantitatif yang diperoleh dari penilaian kinerja yaitu perpandingan antaraperceive (kinerja yang dirasakan oleh pelanggan) dengan expectation (harapan pelanggan),kemudian hasilnya akan digunakan untuk mencari korelasi antara variabel orientasi pasardengan nilai pelanggan. Untuk korelasi yang didapat akan dilihat variabel orientasi pasaryang paling berpengaruh terhadap nilai pelanggan untuk menentukan perubahan aktifitaspada fungsi bisnis yang ada di factory outlet dengan bantuan model COBIT. Hasil dari modelsistem pendukung keputusan ini adalah alternatif keputusan untuk perbaikan aktifitas fungsibisnis di factory outlet .Keywords: sistem pendukung keputusan, orientasi pasar, nilai pelanggan (customer value)

Copyrights © 2004