Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)
Vol 14, No 2 (2017)

Effectiveness C2C E-Commerce Media In Bandung (Case study at Tokopedia.com and Bukalapak.com)

Mochamad Malik Akbar Rohandi (Fakultas Ekonomi dan Bisnis-Manajemen, Universitas Islam Bandung (Unisba))



Article Info

Publish Date
07 Sep 2017

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat membuka suatu peluang baru dari pasar yang telah ada, tanpa disadari semua kebutuhan sehari-hari dapat terpenuhi tanpa harus keluar rumah, terdapat berbagai pengaruh yang mempengaruhi kualitas e-commerce yang pada akhirnya akan mempengaruhi keputusan pembelian customer. E-commerce berbasis C2C yang ada saat ini perlu untuk dilakukan evaluasi dan diketahui tingkat keefektifannya terutama dalam melakukan tinjauan literatur secara menyeluruh mengenai masalah ini untuk membantu mengidentifikasi aspek-aspek yang mempengaruhi kualitas e commerce sehingga dapat terjadi transaksi yang efektif terutama bagi para start up. Penelitian ini menggunakan explanatory research yang bersifat verifikatif dideskripsikan secara langsung dengan total sampel 183 responden pengguna e-commerce di Kota Bandung. Pembahasan pertama menggunakan total penilaian jawaban kriteria baik dan baik sekali, kedua dengan menggunakan analisis garis kontinum. Hasil penelitian menunjukan pengguna jual-beli online didominasi oleh wanita 56%, rentang usia antara 17-24 tahun, dengan alasan Praktis, Kemudahan, Variatif, Kecepatan dan Murah. Sementara itu hasil yang berbeda ditunjukan dalam dua pembahasan tersebut yakni pertama Bukalapak sebagai media e-commerce yang lebih baik 90,30%, sementara pembahasan kedua Tokopedia lebih baik dengan nilai 75,60%.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

performa

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Performa Journal publishes articles and brief communication with management theme (marketing, human resources, financial, operations, startegy), Islamic ecomy general economy, islamic and general approches development study, business in islamic and general basis. ...