Abstrak. Green marketing adalah upaya perusahaan untuk menyediakan produk yang ramah lingkungan bagi konsumen targetnya. Teh siap minum yang dikemas dalam kemasan returnable glass bottling (RGB) merupakan salah satu contoh produk yang ramah lingkungan, dimana kemasannya dapat digunakan kembali setelah proses sterilisasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh green marketing, pengetahuan dan minat membeli terhadap keputusan pembelian minuman teh dalam kemasan RGB. Instrument utama pengumpulan data adalah kuesioner yang diukur dengan skala likert. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 160 responden yang merupakan konsumen minuman teh dalam kemasan RGB. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling(SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa green marketing, pengetahuan dan minat membeli memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian minuman teh dalam kemasan RGB.Kata Kunci: Green Marketing, Pengetahuan, Minat Membeli, Keputusan Pembelian, Returnable Glass BottlingAbstract. Green marketing is the company's efforts to provide environmentally friendly products to targeted consumers. Ready to drink (RTD) tea in returnable glass bottling (RGB) packaging is one example of environmental friendly product, where the packaging could be reused after sterilization process. This study aimed to determine the effect of green marketing, knowledge and intention to buy towards purchasing decision of RTD tea in RGB. The main instrument of data collection was a questionnaire that was measured by a Likert scale. The number of respondents in this study were160 respondents, consisting of RTD teain RGB consumers in Malang. Data analysis methods used Structural Equation Modelling (SEM). The results showed that, green marketing, knowledge and buying interest has a positive and significant influence on purchasing decision of RTD tea in RGB.Keywords: Green Marketing, Knowledge, Intention to Buy, Purchasing Decision, Returnable Glass Bottling
Copyrights © 2014