Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hubungan-hubungan antar variabel dalam memprediksi penggunaan aktual inovasi jasa. Variabel-variabel dalam penelitian ini adalah pengaruh resistensi terhadap perubahan, nilai yang dirasakan, sikap terhadap inovasi jasa, niat untuk menggunakan inovasi jasa, dan kepribadian inovatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan metode non-probabilitas sampling. Jumlah responden adalah sebanyak 212 responden. Data kemudian dianalisa dengan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil menunjukkan bahwa tiga dari lima hipotesis didukung. Ketiga hipotesis tersebut adalah niat merupakan prediktor yang signifikan terhadap penggunaan inovasi jasa.  Niat itu sendiri juga dipengaruhi oleh sikap terhadap inovasi jasa. Nilai yang dirasakan merupakan prediktor yang signifikan atas sikap terhadap inovasi jasa. Akan tetapi, hasil penelitian menunjukkan bahwa resistensi terhadap perubahan dan kepribadian inovatif bukan merupakan prediktor yang signifikan terhadap niat untuk menggunakan inovasi jasa. Penelitian ini juga memberikan keterbatasan dan saran untuk penelitian selanjutnya. Kata kunci: transportasi, penggunaan aktual, E-toll card, inovasi jasa, SEMAbstract. The purpose of this study is to examine the relationships between variables in predicting the actual use of innovation services. The variables in this study include resistance to change, perceived value, attitude towards innovation services, the intention to use the innovation services, and innovative personality. Data collection techniques in this study conducted by questionnaire with non-probability sampling method. The number of respondents was 212 respondents. Data was then analyzed by Structural Equation Modeling (SEM). Results showed that three out of five hypotheses are supported. Those hypotheses include the intention of a significant predictor of the use of innovation services. Intention itself is also influenced by the attitude towards innovation services. The perceived value is a significant predictor of the attitude towards innovation services. However, the results showed that the resistance to change and innovative personality is not a significant predictor of the intention to use the innovation services. This study also provides research limitations and suggestions for further research.Keywords: transportation, actual use, E-toll card, service innovation, SEM
Copyrights © 2015