Sasando : Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya
Vol 1 No 1 (2018): April

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS TEKS OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO KLIP PADA SISWA KELAS VII SMP SEMESTER 1

LAKSMONO, NAZAR BUDI (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2018

Abstract

Masalah yang akan dibahas adalah bagaimanakah model pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis teks hasil observasi dengan menggunakan media video klip pada siswa SMP Kelas VII semester I?Tujuan Penelitian ini adalah untuk menyusun model pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis teks hasil observasi dengan menggunakan media video klip tema pariwisata pada siswa SMP Kelas VII semester I.Penelitian ini diharapkan dapat memiliki manfaat untuk berbagai pihak. Bagi Siswa dapat meningkatkan pemahaman tentang materi menulis teks hasil observasi dan mengikuti proses pembelajaran dengan perasaan senang dan aktivitas belajar yang tinggi. Bagi guru dengan adanya inovasi model pembelajaran, guru memliki pengetahuan dan keterampialn khususnya untuk memanfaatkan Teknologi Informasi yang berkembang pesat. Guru dapat berinovasi dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini akan dilaksanakan dalamtiga tahap penelitian. Selain karena keterbatasan waktu penelitian, kelima tahapan tersebut disusun berdasarkan modifikasi peneliti berdasarkan dua belas tahap pengembangan R & D.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkana. Prinsip/kadiah pengembangan model pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis teks hasil observasi dengan menggunakan media video klip konteks pariwisata di SMP kelas VII semester I yaitu fixative property, manipulative property, dan  distributive property.b. Prototipe model pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis teks hasil observasi dengan menggunakan media video klip konteks pariwisata di SMP kelas VII semester I memiliki kelebihan antara lain dapat mengaktifkan peserta didik, menarik dan menyenangkan, bermakna karena berkonteks lingkungan sekitar peserta didik, sehingga pembelajaran menjadi efektif dan bermuara tercapainya tujuan pembelajaran.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

sasando

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal kemudian dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Pancasakti Tegal. Jurnal ini memuat ragam artikel ilmiah yang ...