Sasando : Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya
Vol 1 No 1 (2018): April

KEEFEKTIFAN MODEL TIME TOKEN (TANDA WAKTU) DAN TALKING STICK (TONGKAT BERBICARA) PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BERDASARKAN KECEMASAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP

DEWI, MARINE OKTAVIRANI (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2018

Abstract

Berbicara adalah salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik SMP. Salah satu jenis keterampilan berbicara yang dimaksud adalah menyampaikan hasil diskusi dan pendapat secara lisan. Kurikulum 2013 menuntut guru melaksanakan pembelajaran yang inovatif dengan lebih memperhatikan karakteristik peserta didik, sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif. Model Time Token dan Talking Stick efektif untuk pembelajaran keterampilan berbicara bagi peserta didik SMP. Tujuan penelitian ini adalah adalah (1) mengetahui keefektifan penggunaan model Time Token dalam pembelajaran keterampilan berbicara berdasarkan kecemasan bagi peserta didik SMP Kelas VIII, (2) mengetahui keefektifan penggunaan model Talking Stick dalam pembelajaran keterampilan berbicara berdasarkan kecemasan bagi peserta didik SMP Kelas VIII, (3) mengetahui keefektifan interaksi Time Token dan Talking Stick dalam pembelajaran keterampilan berbicara berdasarkan kecemasan peserta didik SMP Kelas VIII.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

sasando

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal kemudian dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Pancasakti Tegal. Jurnal ini memuat ragam artikel ilmiah yang ...