Pada saat ini tidak dapat dipungkiri lagi semakin banyaknya perusahaan otomotif yang bermunculan khususnyadealer - dealer yang membuat persaingan di dunia otomotif bertambah ketat. Maka untuk bertahan dalam arenapersaingan tersebut, perusahaan – perusahaan harus memiliki strategi bisnis yang dijadikan sebagai suatukeunggulan untuk dapat bertahan. Penerapan sistem informasi dan teknologi informasi dapat dijadikan strategibisnis untuk dapat bersaing dengan pesaing yang berada dibidang yang sama yakni otomotif. Banyakperusahaan-perusahaan otomotif yang tidak memiliki perencanaan strategis dalam menggunakan SI/TI nya.Pada penelitian ini membahas mengenai bagaimana bentuk rumusan perencanaan strategis SI/TI untukperusahaan otomotif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metodologi perencanaan strategis SI/TI versiTozer sebagai dasar konsep model perencanaan strategis menggunakan aplikasi metode Tozer dilakukanberdasarkan strategis bisnis. Analisis dan interpretasi data peneliti menggunakan beberapa metode diantaranyaadalah critical success factor, value chain analysis, SWOT, dan mc farlan’s grid. Dimana metode ini akanmemperkuat penyusunan perencanaan strategis tersebut. Hasil akhir dari penelitian ini berupa perencanaanstrategis SI/TI yang meliputi identifikasi rincian langkah-langkah penanganan permasalahan dan identifikasipengembangan SI/TI ke depan yang digambarkan dalam bentuk portofolio SI/TI yang selaras dengan strategibisnis PT.Berlian Maju Motor guna untuk dapat menciptakan keunggulan kompetitif agar dapat bersaing.
Copyrights © 2011