E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Vol 9 No 4 (2020)

PENGARUH KUALITAS ARGUMEN DAN KREDIBILITAS SUMBER TERHADAP NIAT PEMBELIAN YANG DIMEDIASI OLEH KEGUNAAN INFORMASI

Ni Luh Putu Ayu Yoceilla Waisnawa (Universitas Udayana)
Ni Made Rastini (Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2020

Abstract

Niat pembelian merupakan rencana yang didasarkan informasi dan pengetahuan calon konsumen mengenai sebuah produk atau layanan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kualitas argumen dan kredibilitas sumber terhadap niat pembelian yang dimediasi oleh kegunaan informasi pada lipstick Wardah di Kota Denpasar. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar, Bali dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan purposive sampling, mengambil responden sebanyak 100 orang melalui kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan statistik deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Berdasarkan hasil analisis ditemukan kualitas argumen dan kredibilitas sumber berpengaruh positif dan signifikan terhadap kegunaan informasi dan niat pembelian. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kualitas konten dan semakin kredibel sumber yang digunakan, maka akan semakin berguna informasi yang akan disampaikan sehingga akan semakin tinggi niat pembelian dari calon konsumen. Kegunaan informasi memediasi secara positif dan signifikan hubungan kualitas argumen dan kredibilitas sumber terhadap niat pembelian. Hasil analisis yang diperoleh dari kedua teknik analisis menunjukkan bahwa secara positif dan signifikan kegunaan informasi mampu memediasi hubungan kualitas argumen dan kredibilitas sumber terhadap niat pembelian pada lipstick Wardah di Kota Denpasar. Kata kunci: kegunaan informasi, kredibilitas sumber, kualitas argumen, niat pembelian

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and ...