Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Vol 12, No 2 (2015): Edisi Juli 2015

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA 4 SMA NEGERI 1 SELEMADEG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Warnita, I Dewa Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2015

Abstract

Objek dari penelitian tindakan kelas ini adalah implementasi model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Selemadeg tahun pelajaran 2014/2015. Bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar fisika siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Selemadeg tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Selemadeg melibatkan 20 orang siswa. Sebagian besar siswa memiliki pemahaman yang kurang, hanya 30,00%  yang memperoleh nilai ≥ KKM. Penelitian ini dilakukan 4 tahapan yakni : perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/penilaian, dan refleksi yang terakomodasi dalam dua siklus pembelajaran. Metode pengumpulan data yaitu mengidentifikasi setiap jawaban dari pelaksanaan tes prestasi belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terjadi peningkatan dengan capaian nilai rata-rata sebesar 81,25  dan persentase ketuntasan sebesar 85,00  yag tergolong kategori baik, maka berarti penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar Fisika siswa Kelas XI IPA 4  SMA Negeri 1 Selemadeg  tahun pelajaran 2014/2015

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPTK

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) is a journal managed by the Faculty of Engineering and Vocational, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). The scope of this journal covers the fields of Education, Electrical Engineering, Informatics, Computer Science, Information System, ...