Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Vol 14, No 2 (2017): Edisi Juli 2017

HUBUNGAN CAPAIAN PEMBELAJARAN TEORI SIMULASI DIGITAL TERHADAP KINERJA SISWA DALAM PRAKTIKUM SIMULASI DIGITAL PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO KELAS X DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA

Dyah, Putri Nugrahaning (Unknown)
Arsa, I Putu Suka (Unknown)
Nurhayata, I Gede (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara capaian pembelajaran teori simulasi digital dengan kinerja siswa dalam praktikum simulasi digital  program keahlian Teknik Audio Video kelas X di SMK Negeri 3 Singaraja, (2)  tinggi tingkat capaian pembelajaran teori simulasi digital program keahlian Teknik Audio Video kelas X di SMK Negeri 3 Singaraja, dan (3) tinggi kinerja siswa saat praktikum simulasi digital program keahlian Teknik Audio Video kelas X di SMK Negeri 3 Singaraja.  Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan di sekolah SMK Negeri 3 Singaraja program keahlian Teknik Audio Video kelas X tahun ajaran 2016/2017. Sampel yang diteliti adalah siswa kelas X Teknik Audio Video1 dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswa. Variabel  yang diteliti adalah dua variabel, satu variabel bebas, yaitu capaian pembelajaran dan satu variabel terikat, yaitu kinerja siswa. Data capaian pembelajaran diperoleh melalui penyebaran tes, sedangkan kinerja siswa di peroleh dari lembar pengamatan, serta untuk mendapatkan penjelasan mengenai hubungan yang diberikan antar variabel penelitian dilakukan  dengan menggunakan analisa teknik uji spearman rank dengan terlebih dahulu melakukan uji asumsi, yaitu uji normalitas, uji linieritas,  dan uji heterokedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara capaian pembelajaran teori simulasi digital terhadap kinerja siswa dalam praktikum simulasi digital  program keahlian Teknik Audio Video kelas X di SMK Negeri 3 Singaraja, dengan koefisien korelasi R sebesar 0,565>0,05 dan nilai probabilitas sebesar 0,001<0,05 dengan tingkat korelasi cukup kuat. Pada pencapaian pembelajaran teori simulasi digital dalam pokok bahasan presentasi video diperoleh rata-rata kelas sebesar 82% dengan kategori baik, dan tingkat kinerja siswa saat praktikum diperoleh rata-rata kelas sebesar 89% dengan kategori baik.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPTK

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) is a journal managed by the Faculty of Engineering and Vocational, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). The scope of this journal covers the fields of Education, Electrical Engineering, Informatics, Computer Science, Information System, ...