Pengelolaan Pengaduan Masyarkat (PPM) merupakan suatu kegiatan menampung,mencatat, menelaah, menyalurkan, mengkonfirmasikan, mengklarifikasikan,memberikan alternatif solusi kepada pengadu, mendokumentasikan, danmensosialisasikan hasil pengelolaan pengaduan kepada masyarakat. Sistem informasiPPM sangat dibutuhkan sebagai salah satu alat pengawasan terhadap seluruhkegiatan siklus program di daerah. Sistem informasi baru yang dibuat harus dapatmengakomodasi tingginya kebutuhan perubahan yang terjadi dalam hal kategorimaupun cakupan wilayah yang telah dimasukkan ke dalam sistem sejak awal.Dengan sistem informasi ini semua pihak yang berkepentingan (stakeholders) denganprogram PNPM MPk dapat mendapatkan informasi dan data secara cepat, tepat,dan akurat serta proses pencatatan data historis pengaduan dapat lebih efektif danefisien.Kata Kunci : SIM Pengelolaan Pengaduan Masyarakat, PNPM Mandiri Perkotaan,P2KP Lanjutan, KemenPU
Copyrights © 2014