Ekonomi Bisnis
Vol 13, No 1 (2008): ENGLISH

PENILAIAN KONSUMEN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PERUSAHAAN

Ati Harmoni (Gunadarma University)
Ade Andriyani (gunadarma university)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2011

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengkaji informasi yang terjadi dalam lamanresmi perusahaan terkait CSR dan mengetahui penilaian konsumen mengenai bentuknyata CSR perusahaan. Sebagai contoh kasus dipilih PT. Unilever Indonesia Tbk.Data primer dan sekunder digunakan dalam penelitian ini. Data primer diperolehmelalui penyebaran kuesioner kepada 50 orang responden yang tinggal di kelurahanPasir Gunung Selatan, Cimanggis-Depok, yang menggunakan produk-produkUnilever yang dipilih secara acak. Data sekunder berupa Sustainability ReportUnilever yang disajikan pada laman resmi perusahaan (http://www.unilever.co.id).Data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dankualitatif. Penilaian konsumen terhadap CSR perusahaan akan dilihat dari tiga halutama yaitu hak konsumen, penetapan harga, dan etika perusahaan dalam beriklan.Dari hasil analisis, disimpulkan bahwa dari 3 (tiga) variabel yaitu hak konsumen,penetapan harga, dan etika dalam beriklan yang diukur, dengan 7 (tujuh) indikatoryang ada, sudah sepenuhnya sesuai dengan penilaian dari konsumen.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

ekbis

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis is a journal through a peer-review process. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis is intended for academics and researchers to publish their articles which is an original text that has not been published in another journal. The focus and scope are in the fields of management, ...