Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengkaji informasi yang terjadi dalam lamanresmi perusahaan terkait CSR dan mengetahui penilaian konsumen mengenai bentuknyata CSR perusahaan. Sebagai contoh kasus dipilih PT. Unilever Indonesia Tbk.Data primer dan sekunder digunakan dalam penelitian ini. Data primer diperolehmelalui penyebaran kuesioner kepada 50 orang responden yang tinggal di kelurahanPasir Gunung Selatan, Cimanggis-Depok, yang menggunakan produk-produkUnilever yang dipilih secara acak. Data sekunder berupa Sustainability ReportUnilever yang disajikan pada laman resmi perusahaan (http://www.unilever.co.id).Data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dankualitatif. Penilaian konsumen terhadap CSR perusahaan akan dilihat dari tiga halutama yaitu hak konsumen, penetapan harga, dan etika perusahaan dalam beriklan.Dari hasil analisis, disimpulkan bahwa dari 3 (tiga) variabel yaitu hak konsumen,penetapan harga, dan etika dalam beriklan yang diukur, dengan 7 (tujuh) indikatoryang ada, sudah sepenuhnya sesuai dengan penilaian dari konsumen.
Copyrights © 2011