CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education)
Vol 5, No 4 (2018): CIVED 2018

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI PADA MATA KULIAH GAMBAR TEKNIK JURUSAN TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Fadhil Fakhri (Unknown)
Revian Body (Unknown)
Risma Apdeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis animasi yang valid, sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Pada penelitian ini digunakan tahap pengembangan media pembelajaran bertajuk pada model yang dikemukakan oleh Thiagarajan yaitu 4D. Dimana 4D merupakan singkatan dari Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan) and Dissemination (Penyebaran). Subjek dalam penelitian ini yaitu validator ahli dan dosen mata kuliah Gambar Teknik, sedangkan objek penelitiannya adalah media pembelajaran berbasis animasi untuk mata kuliah Gambar Teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, pengembangan media berbasis animasi pada mata kuliah Gambar Teknik dengan penilaian dari validator 1 pada keseluruhan aspek sebesar 89,60% dengan kategori Sangat Baik; dan penilian dari validator 2 pada keseluruhan aspek sebesar 86,40% dengan kategori Sangat Baik. Selain itu penilaian berdasarkan uji coba skala kecil pada dosen mata kuliah Gambar Teknik diperoleh hasil sebesar 86% yang dikategorikan Sangat Baik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

cived

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal CIVED adalah Jurnal ilmiah berkala yang diterbitkan tiga kali setahun, pada bulan Maret, Juni dan September oleh Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang. Jurnal CIVED adalah media untuk mempublikasikan hasil penelitian ilmiah mahasiswa, akademisi, praktisi dan ...