Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi dan menyajikan data secara sistamatis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta tentang peran dosen pembimbing terhadap pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) mahasiswa FT-UNP semester Juli-Desember 2017. Berdasarkan permasalahan yang dipaparkan maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran dosen pembimbing terhadap pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) mahasiswa FT-UNP semester Juli-Desember 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang telah melaksanakan PPLK FT-UNP semester Juli-Desember 2017. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 160 mahasiswa. Data dikumpulkan menggunakan angket dengan skala likert yang terdiri dari 4 pilihan jawaban. Jumlah item pernyataan pada angket penelitian sebanyak 35 item. Hasil penelitian untuk mengetahui peran dosen pembimbing terhadap pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) mahasiswa FT-UNP semester Juli-Desember 2017. Sub indikator memberikan layanan orientasi dengan persentase 69 % dikategorikan cukup, sub indikator latihan terbimbing dengan persentase 66 % dikategorikan cukup, sub indikator latihan mandiri dengan persentase 67 % dikategorikan cukup, sub indikator ujian kinerja mengajar mahasiswa dengan persentase 66 % dikategorikan cukup. Kesimpulan dari hasil penelitian ini untuk mengetahui peranĀ dosen pembimbing terhadap pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) mahasiswa FT-UNP semester Juli-Desember 2017 dikategorikan cukup.
Copyrights © 2018