CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education)
Vol 4, No 2 (2016): MEI 2016

PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATANRESOURCE BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK DI KELAS X PROGRAM KEAHLIAH TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 1 BUKITTINGGI

1705-1724 , Mutia Luthfi Addistia (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2016

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak perbedaan hasil belajar siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Bukittinggi antara pembelajaran menggunakan pendekatan Resource Based Learning dengan pembelajaran menggunakan metode ceramah pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian randomized control group only design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Bangunan dengan sampel 31 orang siswa Kelas X Teknik Gambar Bangunan 1 sebagai kelompok kontrol dan 27 orang siswa Kelas X Teknik Gambar Bangunan 2 sebagai kelompok eksperimen.  Data diambilpada setiap kali pertemuan dengan menggunakan soal pretest dan posttest berbentuk esai. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Bukittinggi pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik dengan pendekatan Resource Based Learning lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah. Kata kunci: Pengaruh, Pendekatan Resource-Based Learning, Hasil Belajar

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

cived

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal CIVED adalah Jurnal ilmiah berkala yang diterbitkan tiga kali setahun, pada bulan Maret, Juni dan September oleh Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang. Jurnal CIVED adalah media untuk mempublikasikan hasil penelitian ilmiah mahasiswa, akademisi, praktisi dan ...