Salah satu pendukung keberhasilan Progam Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) adalah bimbingan dari guru pamong. Penelitian ini berawal dari kendala yang dialami mahasiswa PPLK dalam hal bimbingan dengan guru pamong pada saat melaksanakan PPLK. Melihat permasalahan yang ada, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi bimbingan guru pamong terhadap proses mengajar mahasiswa PPLK.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jumlah populasi sebanyak 53 orang mahasiswa yang sudah melaksanakan PPLK di sekolah latihan pada semester Juli-Desember 2017. Sampel yang diambil seluruh populasi dengan menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dengan skala Likert yang terdiri dari 5 buah pilihan jawaban dan 33 butir pernyataan positif-negatif. Data yang didapat dari angket diolah menggunakan program SPSS versi 22,00.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontribusi bimbingan guru pamong terhadap proses pembelajaran mahasiswa PPLK, hal tersebut ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi bimbingan guru pamong dengan proses pembelajaran mahasiswa PPLK sebesar 0,798 dan sumbangan efektif bimbingan guru pamong 62% terhadap proses mengajar mahasiswa.
Copyrights © 2018