Abstrak - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami materi Mekanika Teknik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mekanika Teknik di Kelas X Teknik Konstruksi dan Properti (TKP) SMKN 1 Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah The Non Equivalent Control Group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKP SMKN 1 Sumatera Barat. Pada penelitian ini terdapat 2 kelas yaitu, Kelas X DPIB A sebagai kelas eksperimen dan Kelas X DPIB B sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan berupa hasil pretest siswa yang diberikan sebelum perlakuan dan hasil posttest siswa yang diberikan setelah perlakuan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa pada kedua kelas. Berdasarkan perhitungan hipotesis dengan uji-t, diperoleh thitung sebesar 2.226, nilai tersebut lebih besar dari ttabel sebesar 2.042. thitung > ttabel menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pada hasil belajar siswa yang menggunakan model NHT dengan model konvensional pada mata pelajaran Mekanika Teknik Kelas X TKP di SMKN 1 Sumatera Barat.Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Hasil Belajar, Mekanika Teknik
Copyrights © 2019