CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education)
Vol 5, No 3 (2018): CIVED 2018

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK SISWA KELAS X BISNIS KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMKN 2 SOLOK

Nuzulul Joreateta Bangun (Unknown)
Rijal Abdullah (Unknown)
Indrati Kusumaningrum (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap peningkatan hasil belajar Mekanika Teknik Siswa Kelas X Bisnis Konstruksi dan Properti SMKN 2 Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan desain Quasy Eksperimental dalam bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Teknik Bangunan yang berjumlah 119 orang. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu X BKP 1 berjumlah 19 orang siswa dan X BKP 2 berjumlah 18 orang siswa diambil menggunakan teknik cluster. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kelas yang diberi perlakuan dengan model contextual teaching and learning mengalami peningkatan nilai rata-rata hasil belajar Mekanika Teknik yang lebih tinggi yakni 71,32 sementara pada kelas yang tidak diberi perlakuan khusus hanya memiliki rata-rata 63,62. Hasil dari uji hipotesis menunjukkan t hitung 2,096 > t tabel 2,0315 sehingga Ha diterima, jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran  Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap peningkatan hasil belajar Mekanika Teknik Siswa Kelas X Bisnis Konstruksi dan Properti SMKN 2 Solok.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

cived

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal CIVED adalah Jurnal ilmiah berkala yang diterbitkan tiga kali setahun, pada bulan Maret, Juni dan September oleh Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang. Jurnal CIVED adalah media untuk mempublikasikan hasil penelitian ilmiah mahasiswa, akademisi, praktisi dan ...