Penelitian ini dibuat bedasarkan ketertarikan untuk membandingkan smartphone Samsung dan Iphone yang terlihat di market share dari perempatan tahun pertama 2016 dan 2017. Tujuan penelitian ini membuat perbandingan smatphone Samsung dan Iphone berdasarkan varibel kualitas produk, manfaat utilitarian, dan manfaat hedonis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif, yaitu metode penelitian yang bersifat membandingkan produk dengan indikator yang diambil dari variabel yang telah ditentukan. Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui jumlahnya secara pasti, maka dari itu dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data sampel. Variable yang digunakan dalam penelitian ini memiliki indikator masing-masing untuk menilai suatu perbandingan produk, variabel kualitas produk menggunakan indikator ketahanan body, ketahanan mesin, fitur, speaker (audio), personal hotspot, daya tampung penyimpanan, RAM, serta sitem operasi. Variabel manfaat utilitarian memiliki indikator manfaat kualitas, manfaat kemudahan, dan manfaat biaya. Manfaat hedonis menggunakan indikator kepuasan status sosial, kepercayaan diri, serta pengakuan dari orang lain. Dalam penelitian ini jumlah responden yang diambil adalah 50 orang pengguna Samsung dan 50 orang pengguna Iphone.Hasil dari penelitian bahwa smartphone Samsung dan Iphone memiliki kedudukan yang sama-sama tinggi berdasarkan kualitas Produk, terdapat perbedaan yang signifikan antara smartphone Samsung dan Iphone berdasarkan manfaat utilitarian, serta terdapat perbedaan yang signifikan antara smartphone Samsung dan Iphone berdasarkan manfaat hedonis.Kata Kunci : Kualitas Produk, Manfaat Utilitarian, Manfaat Hedonis, Smartphone Samsung, Smartphone Iphone DAFTAR PUSTAKA Ahmad Ubaidilah dan Nuraeni. (n.d.). Pengaruh Kualitas dan Word Of Mouth Communication terhadap Keputusan Pembelian Studi Pada Toko Emas Ari Jaya. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik .Ahyani, A. (1985). Perencanaan Sistem Produksi. Yogyakarta: BPFE.Aiken, L. R. (1997). Psychogolical 'lesting and Assesment. Boston: Allyn and Bacon.Armstrong, P. K. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi 8. Jakarta: Erlangga.Babin. (1994). Work and or Fun; Measuring Hedonic and Utilitarian Shoping Value. Journal of Consumer Research , 644-654.Elizabet Hirschman & Moris E. Holbrook. (1982). Hedonic Constamtion Emergging Concepts, Methods, and Propotions. Jurnal Of Marketing , 92-101.Hernowo, R. A. (2005). Pengaruh Manfaat Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Nevada di Matahari. Tesis .Hill, S. (2013, Maret 14). A history of Samsung’s Galaxy phones and tablets, from the S1 to the S4. Retrieved Mei 27, 2018, from digitaltrends.com: A history of Samsung’s Galaxy phones and tablets, from the S1 to the S4J, J. S. (2010). Percivied value, satisfaction, and behavioral intention: The role of familiarity in Korean restaurant. International Journal Hospitality Management , 2-13.James F Engel, R. D. (1995). Consummer Behavior 8 Edition. The Dryden Press Series in Marketing.Johnson, L. (2018, April 20). Samsung Galaxy S history: from iPhone copycat to dazzling design. Retrieved Mei 27, 2018, from teachradar: https://www.techradar.com/news/samsung-galaxy-s-historyKusum Ailawadi Keren Gedenk Scott A. Neslin. (2001). Pursuing The Value Conscious Consumer: Store Brand Versus National Brand Promotion. Journal of Marketing , 71-89.Lamarto, Y. (1984). Konsultan Manajemen. Jakarta: Erlangga.Lee, J. O. (2006). The effects of ultilitarian and hedonic online shoping value on consumer preference and intention. Journal of Business Research , 11160-1166.Mawston. (2011). Penjualan Turun, Samsung Seharusnya Pilih Android Volume 1.Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.Nurgiyantoro, B. (2004). Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.Philip Kotler dan Gary Amstrong. (2006). Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Erlangga.Prawirosentono, S. (2002). Filosofi Baru Tentang Manajemen Mutu Terpadu Total Quality Management Abad 21 Studi Kasus dan Analisis. Jakarta: Bumi Aksara.Rakhmat, J. (2004). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Rosdakarya.Rambat Lupiyado dan A. Hamdani. (2009). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.Rizana, A. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Tehadap Loyalitas dengan Minat Beli Ulang Sebagai Variabel Intervening.Salam, B. (1997). Etika Sosial : Asas Moral Dalam Kehidupan Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.Sangaji, E. M. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Ofset.Segan, S. (2013, Maret 12). Samsung’s Smartphone History: From Zero to Galaxy S4. Retrieved Mei 27, 2018, from Pcmag.com:Shomali, M. A. (2005). Relativime Etika : Menyisi Perdebatan Hangat dan Menarik Wawasan Baru Tentang Dasar-dasar Moralitas. Jakarta: Serambi.Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendakatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.Uyanto, S. (2006). Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.Wijayanti, T. (2017). Marketing Plan dalam Bisnis Third Edition. Jakarta: Elex Media Komputindo.Zaki, A. (2008). E-LIFE STYLE. Jakarta: Salemba Infotek. Â
Copyrights © 2018