ABSTRAKANALISIS PENGARUH PROMOSI, ATRIBUT PRODUK, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Pengguna Sepeda Motor Honda Vario Di Kota Pontianak)Oleh:I Wayan Edi S.MB1021141108 Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji dan menganalisi pengaruh Promosi, Atribut Produk, dan Citra Merek terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda vario di Pontianak. Jenis penelitian ini adalah survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang melakukan keputusan pembelian dan menggunakan sepeda motor honda vario dengan sampel yang diteliti sebanyak 100 responden. Teknik yang digunakan nonprobability sampling adalah teknik pengambilan sampel yang tidak memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel serta dengan menggunakan metode sampling purposive, adalah teknik penentu sampel dengan pertimbangan tertentu. Adapun responden yang diteliti memiliki kriteria berusia di atas 18 tahun dan orang yang melakukan keputusan pembelian sepeda motor honda vario. Metode analisis data yang digunakan peneliti adalah regresi linier berganda dengan variabel Promosi ,Atribut Produk, Citra Merek, dan Keputusan Pembelian.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari ketiga variabel independen hanya Promosi yang tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda vario, sedangkan Atribut produk dan Citra merek berpengaruh signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda vario. Sebaiknya merubah cara Promosi agar dapat menarik pembeli dan mempertahankan atau meningkatkan Atribut produk serta berupaya menjaga kualitas produksinya dan mempertahankan Citra merek agar dapat bersaing dengan kompetitor dibidang yang sama yaitu motor matic.Kata kunci: Promosi, Atribut Produk, Citra Merek, Keputusan Pembelian DAFTAR PUSTAKAAkdon, dan Riduwan. 2013. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.Adenan, Mohd Amirul, Jati Kusuma Ali, and Dayang Humida Abang Abdul Rahman, 2018, Country of Origin, Brand Image, and High Involvement Product Toward Customer Purchase Intention: Empirical Evidence of East Malaysian Consumer, Journal of Management and Business.Arifiana, Windya Eka. Srikandi Kumadji dan Dahlan Fanani. (2012). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Ibu Rumah Tangga Perumahan Bumi Asri Sengkaling RW 05 Desa Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang Pembeli Deterjen Rinso). Jurnal Ilmu Administrasi. Malang: Universitas Brawijaya.Cannon, Joseph P, Perreault, William D, dan McCarthy, E Jerome. 2008. Basic Marketing: A Global-Managerial Approach. 6ed. New York: McGraw Hill. Ferrinadewi, Erna. 2008. Merek dan Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.Ghozali,Imam.2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IMB SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.Himawan, Leonardus and Dibia Abduh, 2015, Analysis of Online Sales Promotion Toward Youth Purchase Intention in Indonesia (Case Study of Apparel Industry), International Journal of Administration and Business Education.Hsieh et al. 2004. Universal Appeals With Local Spesification. Journal of Product & Brand Management. https://bmspeed7.com/2019/01/13/data-aisi-penjualan-motor-selama-2018/http://makassar.tribunnews.com/2018/06/19/all-new-vario-dongkrak-penjualan-hondahttps://www.suarapemredkalbar.com/berita/advetorial/2018/06/24/all-new-duo-varioKeller, Kevin Lane. 2008. Strategic Brand Marketing. Jakarta: PT Indeks.Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran Edisi Ke-13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2008). Manajemen Pemasaran, edisi ketiga belas, jilid dua, Penerbit : Erlangga, JakartaKotler, Philip. (2002), Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi Milenium, Jakarta, PrehallindoKotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok GramediaKotler & Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid I. Jakarta: ErlanggaKotler & Armstrong. (2004).Dasar-Dasar pemasaran. Ikrar Mandiri Abadi IndonesiaKotler, Philip. (2008). Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi 10, PT. Prebalindo, Jakarta.Kotler & Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi 13. Jakarta: ErlanggaKotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Jakarta : ErlanggaKotler dan Amtrong. 2001. Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta : PT Indeks Kelompok GramediaKotler, Phillip & Gery Amstrong. 2008. ?Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi ke-8. Jakarta: Erlangga.Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2007. ?Manajemen Pemasaran?, edisi ke-12 Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks.Kotler. 2005. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, dan Pengendalian Jilid Dua. Jakarta: Erlangga.Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Jakarta: PT Prehalindo.Kotler, Philip. 1996. Manajemen Pemasaran: Marketing Management 9e. Jakarta: PT. Prehalindo.Kuncoro, M. 2013. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta: Erlangga.Li, Guo Xian, 2011, Corporate, Product, and User-Image Dimensions and Purchase Intentions the Mediating Role of Cognitive and Affective Attitudes, International Journal.Maghfiroh, As?alul, Zainul Arifin, dan Sunarti, 2016, Pengaruh citra merek terhadap minat beli dan keputusan pembelian (survei pada mahasiswa program studi administrasi bisnis tahun angkatan 2013/2014 fakultas ilmu administrasi Universitas Brawijaya Malang pembeli Indosat Ooredoo), Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 40, No. 1.Nelwan, Julia, Sifrid S. Pangemanan, dan Maria V.J. Tielung, 2016, The Influence of Brand Image, Perceived Quality, and Country of Origin Toward Consumer Purchase Decision of Smartphone Product in Manado, Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi.Novansa, Hafizh and Hapzi Ali, 2017, Purchase Decision Model: Analysis of Brand Image, Brand Awareness, and Price (Case Study SMECO Indonesia SME Products, Saudi Journal of Humanities and Social Science.O?cass, A., & Grace, D, 2004, Exploring Consumer Experience with a Service Brand. Journal of Product and Brand Management, Vol. 13, No. 4. Priyatno, D. (2009). 5 Jam Belajar Olah Data Dengan SPSS 17. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.Ricardo, David. (2017). Pengaruh Pasca Penyelenggaraan Event Sail Karimata Terhadap Destination Image Serta Dampaknya Terhadap Visit Intention Pada Kabupaten Kayong Utara. Skripsi. Universitas Tanjungpura.Rizky, Muhammad Fakhru dan Hanifa Yasin, 2014, Pengaruh promosi dan harga terhadap minat beli perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia sei mencirim medan, Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 14, No. 2.Sanusi, A. 2011. Metodelogi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.Satria, Arief Adi, 2017, Pengaruh harga, promosi, kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada perusahaan A-36, Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, Vol. 2, No. 1.Setiadi,Nugroho J.2003. Perilaku Konsumen.Kencana.JakartaSuswardji, Edi. dkk. (2012). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Satria FU (Studi Kasus Pada Dealer Suzuki Sanggar Mas Jaya Karawang). Universitas Singaperbangsa Karawang. Schiffman & Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen Edisi 7. Jakarta: PT. Indeks.Setiadi, Nugroho J. 2010. Perilaku Konsumen Cetakan 4 Edisi Revisi. Jakarta: Kencana.Simamora, B. 2003. Aura Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.Sistaningrum, Widyaningtyas. 2002. Manajemen Penjualan Produk. Yogyakarta: PT. Taristo.Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung AlfabetaSupriyanto. 2009. Metodelogi Riset Bisnis. Jakarta: PT. Indeks.Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu. Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi OffsetTjiptono, Fandy. 2009. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit AndiTjiptono Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: AndiTjiptono, Fandi. (2007). Strategi Pemasaran. Edisi II Cetakan Ketiga. Yogyakarta : Andi OffsetWarren J. Keegan & Mark C. Green. 2012. Global Marketing Management, American Marketing Association. Prentice Hall, USA.Ye, L. Richard and Hao-hong Zhang, 2014, Sales Promotion and Purchasing Intention: Applying the Technology Acceptance Model in Consumer-to-Consumer Marketplaces, International Journal of Business, Humanities, and Technlogy.Yolanda, Q. (2016). Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Studi Kasus Pada Restoran Pizza Hut Kota Pontianak. Pontianak: Fakultas Ekonomi, Universitas Tanjungpura.
Copyrights © 2018