Jurnal Manajemen Update
Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Mahasiswa Manajemen

Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) (Studi pada Pengguna Kartu Prabayar Simpati di Kota Pontianak)

admin, JAJANG SATRIA B11111072 (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2016

Abstract

Perkembangan dunia usaha saat ini telah diwarnai strategi citra merek dan kepercayaan merek yang bertujuan untuk mempertahankan pelanggan dan menciptakan perasaan puas yang akan membangun hubungan jangka panjang. Kartu prabayar simpati merupakan salah satu perusahaan yang dikenal oleh masyarakat. Dengan adanya berbagai merek kartu prabayar, maka berdampak pula pada ketatnya persaingan untuk mendapatkan pelangggan. Dalam bidang produk citra merek dan kepercayaan merek merupakan hal yang utama, jika citra merek dan kepercayaan merek dibina dengan baik maka akan memberikan gambaran yang baik pada produk namun kartu prabayar simpati belum menyentuh kepada usaha peningkatan citra merek dan kepercayaan merek. Ini dapat dilihat dari top band index. Berdasarkan fenomena tersebut, penurunan top brand index mengindikasikan adanya usaha yang belum menyentuh pada citra dan kepercayaan merek dari kartu prabayar simpati terhadap loyalitas merek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek dan kepercayaan merek terhadap loyalitas merek. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk deskriptif dan kausal. Metode pengambilan sampel dengan metode purposive sampling menggunakan kuisioner yang disebarkan kepada 100 orang responden. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan kartu prabayar simpati di Kota Pontianak. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel citra merek terhadap kepercayaan merek, kepercayaan merek terhadap loyalitas merek dan citra merek terhadap loyalitas merek. Serta dalam pengujian menggunakan analisis path atau analisis jalur hasil penelitian ini juga menunjukkan adanya pengaruh tidak langsung antara variabel citra merek terhadap  variabel loyalitas merek.   Kata Kunci: Citra Merek, Kepercayaan Merek, Loyalitas Merek  

Copyrights © 2016