Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 5, No 2 (2016)

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DILENGKAPI MEDIA HANDOUT UNTUK PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN INTERAKSI SOSIAL SISWA PADA MATERI POKOK TATA NAMA SENYAWA KIMIA DAN PERSAMAAN REAKSI KIMIA KELAS X2 SMA

Islamic, Andre Reza (Universitas Sebelas Maret)
Sukardjo, J. S. (Universitas Sebelas Maret)
Nurhayati, Nanik Dwi (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
04 May 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah: (1) penerapan metode pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dilengkapi media handout dapat meningkatkan interaksi sosial siswa pada materi pokok tatanama senyawa kimia dan persamaan reaksi kimia. (2) penerapan metode pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dilengkapi media handout dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi pokok tata nama senyawa kimia dan persamaan reaksi kimia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X2 SMA Negeri Gondangrejo Karanganyar yang berjumlah 38 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa.  Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan non tes (observasi, kajian dokumen dan angket). Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dilengkapi media handout dapat meningkatkan interaksi sosial siswa pada materi pokok tata nama senyawa kimia dan persamaan reaksi kimia. (2) penerapan metode pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dilengkapi media handout dapat meningkatkan prestasi siswa pada materi pokok tata nama senyawa kimia dan persamaan reaksi kimia

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari ...