Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk meneliti dan menganalisis signifikansi pengaruh teknologi informasi sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar. 2) Untuk meneliti dan menganalisis signifikansi pengaruh teknologi informasi sebagai sumber belajar terhadap manajemen pembelajaran. 3) Untuk meneliti dan menganalisis signifikansi pengaruh manajemen pembelajaran terhadap motivasi belajar. Penelitian ini dilaksanakan di FKIK Universitas Warmadewa, subyek penelitian adalah mahasiswa FKIK sedangkan obyeknya adalah teknologi informasi, manajemen pembelajaran dan motivasi belajar. Jenis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan penyebaran angket. Jumlah populasi adalah sebesar 280 orang, sedangkan jumlah sample adalah 69 orang yang didekati dengan metode accidental sampling. Analisis menggunakan model SEM dibantu software PLS. Hasil analisis menunjukkan bahwa : 1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Teknologi Informasi sebagai Sumber Belajar dengan motivasi belajar di FKIK Universitas Warmadewa, 2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Teknologi Informasi sebagai Sumber Belajar dengan Manajemen Pembelajaran. 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Manajemen Pembelajaran dengan Motivasi Belajar.
Copyrights © 2016