Jurnal Ekonomi dan Bisnis Jagaditha
Vol. 3 No. 2 (2016): September

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEBIJAKAN PENJUALAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN DAN KEPUASAN KONSUMEN PT WAHANA WIRAWAN NISSAN

Antok Setiawan Jodi (Universitas warmadewa)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2017

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis signifikansi pengaruh kualitas pelayanan terhadap kinerja pemasaran, kebijakan penjualan terhadap kinerja pemasaran, kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, kebijakan penjualan terhadap kepuasan konsumen dan pengaruh kinerja pamasaran terhadap kepuasan konsumen pada PT. Wahana Wirawan Nissan. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah 1) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran; 2) kebijakan penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran; 3) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen; 4) kebijakan penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen; 5) kinerja pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Desain penelitian adalah kuantitatif, dengan jumlah sampel sebanyak 89 orang yang ditentukan dengan metode slovin dan menggunakan stratified proportional random sampling, data yang digunakan adalah data primer dan sekunder baik kualitatif maupun kuantitatif. Dengan analisis regresi diperoleh hasil 1) Kualitas yang terdiri dari tangible, reliability, asurance, responsiveness, dan empathy tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran; 2) Kebijakan penjualan terdiri dari promotion, discount, hadiah, dan kupon hadiah tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran; 3) Kualitas yang terdiri dari tangible, reliability, asurance, responsiveness, dan empathy berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen; 4) Kebijakan penjualan terdiri dari promotion, discount, hadiah, dan kupon hadiah berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen; dan 5) kinerja pemasaran tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada PT. Wahana Wirawan Nissan Denpasar. Kata kunci: kualitas pelayanan, kebijakan penjualan, kinerja pemasaran, dan kepuasan konsumen

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jagaditha

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JAGADITHA: Jurnal Ekonomi & Bisnis P-ISSN: 2355-4150, E-ISSN: 2579-8162 is a journal of economic and bussiness published by Management Deparment, Postgraduated Program, Warmadewa University, provides a forum for publishing research articles or review articles. This journal has been distributed by ...