Pelayanan linen yang tidak memenuhi standar seperti jumlah linen kurang, kebersihan linen kurang, ketidaktepatan waktu dalam pelayanan linen akan mempengaruhi mutu pelayanan rumah sakit. Disamping itu berdampak juga kepada pembiayaan kebutuhan linen yang tidak efisien dan menurunnya kepuasan pasien terhadap pelayanan linen. Penelitian ini merupakan studi deskriptif yang bertujuan untuk mencari akar masalah dan alternatif solusi tentang ketidaktepatan waktu penyediaan linen rawat inap di RSI Unisma Malang. Penelitian ini menggunakan responden sejumlah 10 orang yang terdiri dari kepala ruang dan petugas linen rawat inap. Penentuan akar masalah menggunakan diagram fishbone, identifikasi alternatif solusi masalah menggunakan media Focus Group Discussion (FGD) dengan pemilihan solusi melalui teori tapisan Mc Namara. Dari hasil penelitian yang terkait dengan ketidaktepatan waktu penyediaan linen adalah belum adanya struktur organisasi, Standar Prosedur Operasional (SPO) waktu pelayanan linen, kualifikasi Sumber Daya Manusia (SDM), pelatihan manajemen linen, dan kebijakan yang mengatur standar waktu pelayanan linen. Alternatif solusi yang dipilih berdasarkan teori tapisan Mc Namara adalah memperbaiki manajemen linen. Kata Kunci: Ketidaktepatan waktu, linen, ruang rawat inap
Copyrights © 2015