Jurnal Ilmu Perpustakaan
Vol 8, No 3 (2019): Agustus 2019

Literasi Informasi Pengendara Ojek Online (Go-Jek) Tembalang Semarang Saat Bertugas

Prasetyo, Irfan Agus (Unknown)
Rukiyah, Rukiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi informasi pengendara ojek online (Go-Jek)Tembalang Semarang, yaitu bagaimana pengendara ojek online Go-Jek yang berada di kawasan kampusUndip Tembalang Semarang dapat memiliki kemampuan berliterasi informasi. Hal ini perlu dilakukankarena kemampuan literasi informasi digunakan untuk menunjang pekerjaan berbasis online seperti Go-Jek.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, teknik pengambilan data menggunakan observasi danwawancara semi terstrukrur. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis tematik. Hasilpenelitian mendapatkan empat tema besar yaitu, 1. Komunikasi informasi menjadi tema pertama sertamenjadi tema inti dari keempat tema yang telah ditemukan, komunikasi informasi menjelaskan tentangbagaimana pengendara ojek online Go-Jek Tembalang Semarang dalam melakukan komunikasi secarasharing informasi perihal informasi yang berkaitan dengan pekerjaan. 2. Penggunaan perangkat komunikasiberbicara tentang penggunaan perangkat yang digunakan oleh pengendara ojek online Go-Jek untukmendapatkan order serta untuk berkomunikasi satu sama lain. 3. Pemanfaatan aplikasi digunakan untukmembantu pengendara ojek online Go-Jek untuk mendapat order, serta penggunaan aplikasi tambahan gunamendukung perangkat yang digunakan oleh pengendara untuk melakukan pekerjaan. 4. Identifikasiinformasi sekaligus tema terakhir berbicara tentang bagaimana pengendara ojek online Go-Jek dalammenyikapi penyebarluasan informasi dengan mengidentifikasi informasi agar informasi dapat digunakanserta dikomunikasikan dan disebarluaskan ke sesama pengendara ojek online Go-Jek.

Copyrights © 2019