Jurnal Ilmu Perpustakaan
Vol 8, No 3 (2019): Agustus 2019

Peran Pustakawan Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Repositori Perpustakaan Perguruan Tinggi Pada Perpustakaan Universitas Indonesia

Reyhan, Muhammad Meiska (Unknown)
Hermintoyo, Hermintoyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai peran pustakawan dalam meningkatkan kualitas layanan repositori diPerpustakaan Universitas Indonesia yang didorong melalui kompetensi pustakawan PerpustakaanUniversitas Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitiankualitatif dengan model deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara,dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana peranan yang dilakukan oleh pustakawandalam meningkatkan kualitas layanan repositori yang ada di Perpustakaan Universitas Indonesia. Kualitaslayanan ini kemudian didukung melalui 3 kompetensi pustakawan yang dijelaskan oleh SLA (SpecialLibrary Association) yaitu kompetensi inti, kompetensi profesional, dan kompetensi individu. Melaluikompetensi tersebut kemudian akan mempengaruhi kualitas layanan repositori yang ada di PerpustakaanUniversitas Indonesia yang dapat diketahui melalui seberapa banyak layanan yang ada tersebut diaksesoleh masyarakat luas secara langsung maupun digital. Melalui banyaknya akses kunjungan tersebut akanmemberikan pengaruh terhadap layanan repositori Perpustakaan Universitas Indonesia. Semakin banyakkunjungan ke perpustakaan secara langsung maupun melalui web domain perpustakaan akan berdampakterhadap indikator Webometrics seperti visibility, presence, openness, dan excellence. Indikator tersebuttentunya dapat meningkat atau menurun tergantung dari bagaimana kompetensi dan kualitas layanandijalankan oleh pustakawan Perpustakaan Universitas Indonesia kepada pelanggannya.

Copyrights © 2019