Jurnal Ilmu Perpustakaan
Vol 8, No 1 (2019): Januari 2019

Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Tahap Pembiasaan Sebagai Upaya Menumbuhkan Budaya Literasi di SMP Negeri Kabupaten Kudus (Studi Kasus di SMP 1 Kudus, SMP 2 Kudus, dan SMP 1 Jati Kudus)

Triyanto, Hendrawan (Unknown)
Krismayani, Ika (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini berjudul “Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Tahap Pembiasaan Sebagai UpayaMenumbuhkan Budaya Literasi di SMP Negeri Kabupaten Kudus (Studi kasus di SMP 1 Kudus, SMP 2 Kudus, danSMP 1 Jati Kudus)”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi kegiatan GLS tahappembiasaan di SMP Negeri Kabupaten Kudus dan mengetahui dampak pelaksanaan kegiatan GLS tahap pembiasaanterhadap lingkungan sekolah SMP Negeri Kabupaten Kudus. Desain penelitian ini adalah kualitatif dengan metodestudi multikasus. Pemilihan informan berdasarkan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan datamenggunakan teknik wawancara semi terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakanadalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakanteknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan kegiatan GLS tahap pembiasaan dilaksanakan di SMP NegeriKabupaten Kudus dengan cara menyesuaikan kemampuan/ sumber daya sekolah, namun dalam pelaksanaanyamasih memerlukan beberapa penyempurnaan. Belum semua warga sekolah ikut berpartisipasi melaksanakankegiatan GLS. Tujuan pelaksanaan GLS adalah membiasakan siswa agar gemar membaca dan melatih keterampilansiswa untuk memanfaatkan beragam bacaan. Pemberian apresiasi sebagai Duta Literasi sekolah dan pemberianhadiah merupakan strategi untuk memotivasi siswa. GLS di SMP Negeri Kudus merubah kebiasaan siswamemanfaatkan waktu luang di sekolah untuk membaca buku dan meningkatkan minat kunjung siswa keperpustakaan sekolah

Copyrights © 2019