Jurnal Tata Boga
Vol 9, No 1 (2020)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK PADA MATERI PENCEGAHAN ANEMIA UNTUK SISWA SD

WULAN SUCI, NADYA (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2020

Abstract

Salah satu media yang dapat di gunakan untuk promosi kesehatan ialah pop upbook, Salah satu contohnya untuk penyuluhan pencegahan anemia. Tujuanmdarimpenelitian ini adalah untuk mengetahui=hasil pengmebangan media=pemblajaran pop up book pada materi pencegahan anemia untuk siswa SD pada tahap: 1) define; 2) design; dan 3) development. Penelitianmini merupakan penelitin pengembangan (research and development) dengan menggunakanmodel 4D yang dikembangkan oleh Thiagrajan (1974). Model pengembangan ini kemudian diadaptasi hanya sampai 3 tahap yaitu: 1) define; 2) design; dan 3) development. Menggunakan rancangan penelitian one grup pre-test dan one grup post-test. Pengembangan media pembelajaran ini di uji validitas oleh 3 orang ahli yaitu ahli media, ahli materi dan ahli pendidikan serta 1 guru SD dan diujicobakan terbatas pada siswa perempuan tingkat 4-5 MI Haji Hasyim dengan jumlah 32 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah angket validasi media dan perangkat pembelajaran, angket reaksi dan tes pengetahuan. Analisis data deskriptif kuantitatif persentase dan uji beda (uji-t) guna mengetahuimpeningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) pada tahap define menyatakan hasil observasi bahwa pada sekolah dasar masih minim penyuluhan mengenai anemia dengan menggunakan media pembelajaran pop up book; 2) tahap design merupakan tahapan pembuatan pop up book mulai dari penyusunan perangkat pembelajaran hingga pembuatan media pembelajaran; 3) tahap development menguji kelayakanpmedia pop up book dengan hasil: 1) kualitas desain sebesar 97% termasuk kategori ?sangat layak?; 2) kualitas materi sebesar 80% termasuk kategori ?layak?. Hasil uji pop up book pencegahan anemia kepada siswa berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai post test lebih tinggi sebesar 8,75 dibandingkan dengan nilai pre test sebesar 5,656. Media pembelajaran memperoleh reaksi positif dengan nilai 86% dalam kategori ?sangat baik?.

Copyrights © 2020