Menilik dari fungsi utama pemerintah yang merupakan penyelenggara pelayanan publik, seiring dengan tuntutan perkembangan sudah menjadi seharusnya pemerintah melakukan perbaikan dalam pelayanan publik tersebut. Akan tetapi dewasa ini, kepercayaan masyarakat/publik terhadap kinerja pemerintah atau birokrasi mengalami degradasi yang semakin parah oleh akibat dari lemahnya kinerja aparat-aparat pemerintahan/birokrasi. Kepercayaan dan kehidupan masyarakat menjadi semakin sengsara ketika pemerintah/birokrasi yang seharusnya berperan menghadirkan pelayanan prima kepada publik menjadi didominasi dan ditentukan oleh rezim yang berkuasa sehingga menyebabkan kebalikan dari pelayanan publik yakni publiklah yang menjadi pelayan bagi birokrasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku birokrasi dalam memberikan pelayanan publik, khususnya dalam pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Kota Kotamubagu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku birokrasi pada Dinas Tata Kota Kotamubagu, malalui indicator-indikator: etika pelayanan masyarakat, kedisiplinan, dan tanggungjawab masih digolongkan belum maksimal, namun dalam hal transparasi biaya yang dibutuhkan dalam pengurusan IMB, sudah dapat dikatakan baik, karena perincian biaya dipaparkan secara transparan. Â Key words: Perilaku, Birokrasi, Pelayanan Publik.
Copyrights © 2014