Pelajaran kimia di SMK merupakan mata pelajaran adaptif dengan tujuan menjadi dasar bagi peserta didik untuk mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan program keahlian. Prestasi belajar dan motivasi siswa SMK disalah satu kota Serang pada pelajaran kimia tergolong. Karena kurangnya relevansi pelajaran kimia dengan program keahlian siswa. Pada penelitian ini digunakan pembelajaran berbasis konteks dengan teka teki ludo yang diharapkan dapat mengatasi rendahnya hasil belajar kimia. Penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan bentuk pretest-posttest control group design. Sampel penelitian merupakan siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan 1 dan XI Teknik Mesin 6 SMKN 2 Kota Serang. Instrumen penelitian menggunakan soal tes pilihan ganda sebanyak 30 butir soal yang valid dan reliabel. Teknik analisis data terdiri dari analisis deskriptif yakni n-gain dan aktivitas siswa serta analisis statistik meliputi uji independent t test dan effect size. Hasil penelitian menunjukan nilai n-gain kelas eksperimen (0,531) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (0,390). Uji independent t test diperoleh nilai sig.2 tailed sebesar 0,000 yang berarti terdapat perbedaan nilai rata-rata pada kelas eksperimen dan kontrol dengan kategori tinggi yang dibuktikan dengan effect size (0,95). Dari penelitian ini didapatkan hasil belajar siswa pada konsep koloid dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran berbasis konteks dengan teka teki ludo.
Copyrights © 2018