Jurnal Simetris
Vol 10, No 2 (2019): JURNAL SIMETRIS VOLUME 10 NO 2 TAHUN 2019

IMPLEMENTASI METODE PROYOTYPING DAN TWITTER BOOTSTRAP RESPONSIVE PADA SISTEM PEMBELAJARAN BAGI SISWA/I SMA DI PALEMBANG

Yayuk Ike Meilani (STMIK PalComTech)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2019

Abstract

Sistem pembelajaran adalah media yang digunakan oleh pihak-pihat terkait yang tidak dapat dipisahkan antara satu sama lain karena saling mendukung yang dapat menunjang dalam proses pembelajaran. Pihak yang terkait dalam proses pembelajaran adalah guru, siswa dan sarana dan prasarana. Beberapa sekolah  masih  menerapkan sistem pembelajaran yang  konvensional yaitu setiap  pelajaran dimulai siswa diwajibkan meminjam buku keperpustakaan untuk dapat mengikuti pelajaran karena bahan ajar yang digunakan guru bersumber dari buku yang ada diperpustakaan. Hal ini membuat proses belajar dan mengajar lebih singkat karena terpotong dengan waktu yang digunakan siswa dalam melakukan peminjaman buku. Selain waktu yang terpotong, juga membuat kerusakan pada buku yang disebabkan oleh keteledoran siswa dalam menggunakan buku pinjaman. Tujuan penelitian ini mempermudah guru dan siswa dalam proses belajar mengajar, memperkecil resiko kerusakan buku yang disebabkan keteledoran siswa sehingga dapat mengurangi anggaran sekolah untuk membeli buku yang anggaran tersebut dapat dialihkan untuk keperluan lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode prototyping yaitu model trow-away prototyping. Hasil pengujian sistem yang dilakukan pada sistem pembelajaran ini menggunakan blackbox testing yang dimana metode ini menunjukan bahwa sistem yang dibangun berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

simet

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Simetris terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu untuk periode April dan periode November. Naskah yang diajukan adalah karya ilmiah orisinal penulis dalam bidang teknik elektro, teknik mesin atau ilmu komputer, yang belum pernah diterbitkan dan tidak sedang diajukan untuk diterbitan di ...