Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui angka kebisingan pada knalpot bermaterialbesi, kuningan dan alumunium dalam jenis sepeda motor Honda Revo tahun 2008.Pengumpulan data dilakukan pada kecepatan putaran mesin dari 1000 rpm, 1200 rpm, 3000rpm dan 5000 Metode rpm.The dalam penelitian ini adalah eksperiment, bahan yang digunakan untuk pembuangan material adalah besi, kuningan, dan aluminium. Pengujiantingkat kebisingan dengan menggunakan alat ukur kebisingan (Sound Level Meter), dengan cara yang lebih dekat ke ujung knalpot, dengan jarak 10 cm. Diketahui pada kecepatan mesinstasioner (1000 rpm) penggunaan bahan aluminium dalam knalpot dapat mengurangi angkakebisingan dan 0,43 dB pada rpm rendah (1200 rpm) untuk mengurangi kebisingan mencapai1,05 dB. Namun, penggunaan bahan aluminium akan lebih tinggi bila tingkat kebisingan pada kecepatan putaran mesin adalah (3000 rpm) yang 4,29 dB dan putaran mesin tinggi (5000 rpm) mencapai 6,05 untuk buang bermaterial besi yang digunakan dalam knalpot standar pabrikan itu. Kemudian pada penggunaan bahan kuningan akan mendapatkan tingkatkebisingan angka lebih tinggi daripada penggunaan bahan besi, yang berkisar 0,52-2,68 dB.Kata kunci: Kebisingan, Exhaust, kecepatan mesin.
Copyrights © 2012